Tugas Feature Pulau Pari

Pesona Indah Pulau Pari
Suara canda dan tawa hampir terdengar diseluruh titik Pelabuhan Muara Angke. Hari itu banyak orang datang ke Pelabuhan Muara Angke, sengaja untuk menyebrang ke pulau-pulau yang masih memiliki pesona alam yang indah. Dan pada pagi yang cerah itu mahasiswa-mahasiswa dari Universitas Bunda Mulia ikut  menyebrangi lautan luas untuk bisa sampai ke pulau indah nan bersih yaitu Pulau Pari.

Pulau yang memiliki pesona alam yang indah, lautan biru serta masyarakat yang ramah terhadap pendatang ini membuat pulau dengan pemandangan yang mempesona ini banyak di minati oleh pengunjung untuk sekedar memanjakan mata dengan hamparan air kebiruan yang luas.

Awalnya Pulau Pari adalah hutan, masyarakatnya saja masih membudidayakan rumput laut serta menjadi nelayan. Lalu masyarakat mulai berfikir untuk mengubah Pulau Pari yang dahulu nya hanyalah hutan untuk dijadikan sebagai tujuan wisata. Hingga akhirnya Pulau Pari resmi dijadikan tempat wisata pada tahun 2011.

Mengapa pulau ini diberi nama Pulau Pari? “Diberi nama Pulau Pari, karena memang dulu nya disini banyak ikan pari. Namun sekarang jika ingin melihat ikan pari harus jalan agak ketengah baru disitu bisa melihat ikan pari”, kata Pak Nurhayat selaku ketua RW 04 kelurahan Pulau Pari.

Di Pulau Pari terdapat tiga pantai nan indah dan bersih antara lain Pantai Pasir Perawan, Pantai Kresek dan Pantai Bintang. Diantara ketiga pantai tersebut, Pantai Pasir Perawan lah yang lebih banyak diminati oleh para pengunjung. Kelebihan dari Pantai Pasir Perawan sendiri adalah disana masih terdapat hamparan pasir putih serta air yang jernih layaknya air pegunungan. Di Pantai Pasir Perawan sendiri kita dapat menanam tanaman bakau untuk mencegah terjadi nya abrasi.

Dan karena Pulau Pari dijadikan sebagai tempat wisata, banyak warga yang tinggal di Pulau Pari membangun villa atau menyewakan rumahnya untuk dijadikan sebagai tempat menginap para wisatawan yang berkunjung. Selain menyewakan villa, disana sudah tersedia sepeda untuk dapat berkeliling pulau dengan pesona indah ini serta para wisatawan juga dapat menikmati snorkeling serta banana boat.

Pada hari libur juga Pulau Pari dipadati oleh wisatawan, mulai dari wisatawan local maupun mancanegara. Jumlah wisatawan di Pulau Pari jika pada hari libur bisa mencapai 3000 orang. Bisa dibayangkan betapa indah nya Pulau Pari ini khususnya untuk yang ingin melepaskan penat dari kebisingin ibu kota serta memanjakan mata yang sudah lelah. Bahkan sampai perusahaan pengembang saja ingin membangun villa di Pulau Pari sedang pemerintah belum bisa memberikan dana untuk kemajuan pulau yang sudah menarik para wisatawan untuk datang.

Kita sebagai warga Indonesia ada baiknya tetap menjaga keaslian pulau-pulau indah yang kita miliki agar tidak rusak atau jatuh ke tangan orang-orang tidak bertanggung jawab. Serta menjadikan pulau-pulau yang masih memiliki pesona yang indah sebagai tempat wisata yang diminati oleh para wisatawan local maupun mancanegara.


Komentar