Tugas Berita lempang, bertafsir, investigatif, mendalam dan pojok.

Berita Lempang
Penyebab Kekeringan
Kekeringan menyebabkan warga dibeberapa daerah sulit untuk mendapatkan air bersih. Kekeringan ini terjadi karena adanya gelombang panas El-Nino yang melanda wilayah Indonesia. El-Nino mengakibatkan kemunduran musim penghujan pada tahun 2015 – 2016. Warga dari berbagai daerah sudah merasakan dampak dari kekeringan ini. Tidak hanya warga biasa saja, petani juga sudah mulai merasakan dampak dari kekeringan ini.
            Kekeringan ini menyebabkan banyak warga yang menggunakan air kotor dan keruh untuk mandi dan mencuci pakaian. Selain itu petani juga mengalami gagal panen karena kekeringan. Warga juga rela mengantri panjang untuk mendapatkan air bersih. Air bersih ini adalah pasokan dari pemerintah. Hampir setiap harinya pemerintah menyediakan air bersih untuk diantarkan ke daerah yang sedang mengalami kekeringan.

Berita Bertafsir
            Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyebutkan bahwa gelombang panas El-Nino diperkirakan akan melanda wilayah Indonesia sampai November 2015. Akibatnya banyak daerah yang mengalami kekeringan. Di Wonogiri, karena dilanda kekeringan warga sampai rela menukar kambingnya dengan air. Hal itu dikarenakan besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli air bersih. Kekeringan tidak hanya melanda Wonogiri tetapi juga melanda wilayah lain.
            Sudah seharusnya pemerintah menyalurkan pasokan air bersih. Tidak hanya untuk daerah tertentu saja, namun harus disalurkan ke berbagai daerah. Bukan hanya warga biasa saja yang membutuhkan air bersih. Tetapi petani juga membutuhkan air untuk mengairi sawahnya agar tidak terjadi gagal panen,

Berita Investigatif
            Bagaimana tanggapan pemerintah tentang kekeringan yang saat ini sedang terjadi di Indonesia? Bukannya memberikan tanggapan yang dapat menenangkan warga, mala tanggapan santai yang dilontarkan oleh pemerintah. Pemerintah juga belum menghitung dampak yang disebabkan oleh El-Nino. Namun, pemerintah mengklaim sudah mengupayakan untuk meminimalisir dampak yang disebabkan oleh El-Nino.
            Kekeringan yang terjadi di bidang pertanian tidak hanya disebabkan oleh El-Nino, namun kekeringannya juga disebabkan oleh pola tanam petani yang salah. “ Jadi, ketaatan petani pada pola tanam dan penggunaan air sangat berpengaruh pada kekeringan,” ucap Mudjiadi. Selain itu Menteri Pertanian juga berkata tidak ada gagal panen. Hal itu karena antisipasi kementrian sejak awal tahun. Antisipasi itu berupa pembuatan irigasi, sehingga wilayah yang mengalami kekeringan dapat berkurang.

Berita Mendalam
            Tentu saja kita sering mendengar berita tentang kekeringan di berbagai daerah. Terutama dimusim kemarau. Walaupun pemerintah sudah membangun irigasi, menyediakan pompa, namun tetap saja kekeringan terjadi di beberapa daerah.
            Pada tahun ini saja kekeringan yang terjadi dibeberapa daerah semakin parah. Sampai akhirnya petani di beberapa daerah terancam mengalami gagal panen. Tidak hanya itu, warga juga sampai menggunakan air kotor untuk mandi dan mencuci pakaian. Setidaknya pihak pemerintah memberikan tindakan terhadap kekeringan ini, buka hanya sekedar tanggapan santai.

Berita Pojok

            Sungguh tidak dapat diterima oleh logika kita perkataan dari pengacara itu. Mana mungkin seekor kucing meneteskan darahnya jika tidak terluka. Amat sangat tidak masuk akal apa yang dikatakan oleh pengacara itu. Bagaimana bisa ia menjadi seorang pengacara jika apa yang dibicarakan tidak masuk akal. Apakah pantas ia menjadi seorang pengacara untuk kasus besar seperti ini? Sepertinya orang itu salah dalam memilih seorang pengacara.  

Komentar