FEATURE SEJARAH

Asal Usul kota Pontianak, Percaya Mitos atau Fakta?
Oleh Sherly

                Banyak kota di Indonesia yang memiliki nama unik. Berdasarkan keunikan pasti memiliki sejarah dibalik nama kota yang dikenal dan tidak banyak orang yang mengetahuinya. Kota yang dilalui oleh garis khatulistiwa memiliki maskot untuk kotanya sendiri.

                Kota ini memiliki sungai terpanjang di Indonesia dan sudah banyak dikenal orang masyarakat Indonesia, walaupun begitu tidak banyak yang mengetahui sejarah dari kota ini. Kota ini juga dijadikan pusat pemerintahan di Kalimantan Barat.

                Kota ini di kenal dengan nama Pontianak. Sayangnya, tidak banyak orang mengetahui asal usul dari kota Pontianak. Jikalau ada yang mengetahuinya, masih banyak kesimpangsiuran kebenaran cerita tersebut.


                Menurut salah satu blog (http://kisahasalusul.blogspot.com/2015/10/asal-usul-kota-pontianak.html), Pontianak dulunya adalah sebuah hutan belantara yang tepat berada di simpang tiga sungai, yaitu sungai Landak, sungai Kapuas dan sungai Kapuas Kecil. Hutan Belantara ini kemudian dibabat dan dibuka oleh sekelompok warga yang berasa dari Kerajaan Melayu.

                Warga yang dipimpin oleh Syarif Abdurrahman Alkadrie ini menebangi pohon dihutan tersebut dan mendirikan perkampungan mulai sejak 23 Oktober 1771 Masehi. Selama proses pembukaan hutan para warga terus diusik oleh mahluk halus berwujud kuntilanak. (http://kisahasalusul.blogspot.com/2015/10/asal-usul-kota-pontianak.html)

 Syarif Abdurrahman Alkadrie menganggap gangguan dari sosok kuntilanak telah membuat pekerjaan mereka terhambat. Ia kemudian bersiasat untuk membawa sebuah meriam besar ke tengah hutan tersebut. Meriam yang dibawa ini kemudian akan selalu dinyalakan kea rah sumber bunyi kuntilanak agar kuntilanak kaget. Siasat itu pun berhasil. (http://kisahasalusul.blogspot.com/2015/10/asal-usul-kota-pontianak.html)

Lambat laun, gangguan dari kuntilanak pun berangsur-angsur hilang. Para Pekerja tenang dan hutan berhasil dibuka. (http://kisahasalusul.blogspot.com/2015/10/asal-usul-kota-pontianak.html)

                Sedangkan menurut (https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Pontianak), sejarah pendirian kota Pontianak yang dituliskan oleh seorang sejarahwan Belanda, V.J. Verth dalam bukunya “Borneos Wester Afdeling”, yang isinya sedikit berbeda dari cerita yang beredar dari kalangan masyarakat.

                Di dalam bukunya Verth menuliskan bahwa Syarif Abdurrahman berhasil dalam perniagaan dan berhasil mengumpulkan cukup modal untuk mempersenjatai kapal pencalang dan perahunya kemudian ia mulai melakukan perlawan terhadap penjajahan Belanda.

                Dengan bantuan Sultan Pasir, Syarif Abdurrahman kemudian berhasil membajak kapal Belanda dekat Bangka, juga kapal Inggris dan Perancis di Pelabuhan Pasir. Kemudian Abdurrahman menjadi seorang kaya dan kemudian mencoba untuk mendirikan pemukiman di sebuah pulau di Sungai Kapuas.

Ia kemudian menemukan percabangan Sungai Landak dan kemudian mengembangkan daerah itu menjadi pusat perdagangan yang makmur.  Wilayah itulah yang kita tahu, yaitu Pontianak.

“Wah, yang saya tahu sih nama Pontianak itu ya berasal dari kata kuntilanak, bukan yang dari buku Verth itu”, kata Yolanda ketika ditanyai mengenai asal usul kota Pontianak.


Jadi, apakah anda masih mempercayai mitos yang berasal dari mulut ke mulut atau percaya dengan fakta dari seorang sejarahwan? 

Komentar