FEATURE HOW TO DO IT

MERAWAT HEWAN PELIHARAAN YANG RENTAN PENYAKIT KULIT
Oleh Sherly
Jakarta (UBM NEWS) – Hewan peliharaan tentu saja menjadi objek yang menarik bagi manusia. Hewan bertubuh mungil, berkaki empat dengan bulu tebal panjang dan mata yang gelap, serta telinga yang berdiri layaknya antena ini menjadi salah satu hewan yang paling di gemari oleh manusia.
Hewan yang berasal dari Jerman ini adalah anjing dengan ras Pomeranian. Nama Pomeranian diambil dari sebuah provinsi tua di Jerman yang bernama Pomerania. Pomeranian atau Pom pertama kali diperkenalkan sebagai salah satu jenis turunan anjing pada tahun 1870 di Klub Kennel, Inggris.
Dulunya, Pomeranian adalah anjing penggembala domba di Eropa yang bertubuh lebih besar dibandingkan dengan anjing ras Pomeranian yang biasa kita lihat dan pelihara. Salah satu tokoh penting dalam sejarah Eropa yang pernah memelihara Pomeranian adalah Ratu Victoria.
Pada tahun 1888, Ratu Victoria membeli seekor Pomeranian hitam-merah berukuran mini dan membawanya ke Inggris. Anjing tersebut diberi nama Marco dan diperkirakan merupakan awal dari perkembangan Pomeranian berukuran mini.
Namun sayangnya, anjing yang di kenal dengan kelincahannya ini rentan terkena penyakit, seperti kulit kering, kulit-kulit mengelupas seperti ketombe, bulu yang rontok, rasa gatal pada kulit anjing, dan lain-lain. Maka dari itu, kita harus bisa menjaga kesehatan kulit anjing dengan baik.
Jika anjing peliharaan kita sudah terkena penyakit kulit, ada beberapa cara ampuh yang dapat kita lakukan untuk mengatasi penyakit kulit tersebut.
Hal yang pertama yang  dilakukan untuk mengatasi penyakit kulit yang di derita anjing kita yaitu memandikan anjing kita dengan bersih dan sebisa mungkin menggunakan shampoo anjing anti bakteri agar kulitnya dapat terhindar dari bakteri-bakteri yang dapat merusak kulit.
Sehabis dimandikan jauh lebih baik jika anjing tidak dibiarkan berinteraksi dengan hewan yang lainnya.
Yang kedua adalah dengan memberikan oli bekas atau minyak sayur. Selain dimandikan, kita juga dapat mengoleskan oli bekas atau minyak sayur disekitar kulit yang terluka akibat gatal. Pastikan bahwa pada saat mengoleskan oli atau minyak anjing anda dalam keadaan terikat supaya tidak mengotori rumah anda.
Hal terakhir yang dapat kita lakukan adalah dengan memberikan obat khusus seperti salep, gel atau lotion. Anda dapat memperoleh obat khusus itu di klinik khusus untuk hewan.
Jika obat yang diberikan kepada anjing anda tidak ampuh, ada baiknya anda membawa anjing anda ke dokter hewan atau rumah sakit hewan terdekat supaya anjing anda mendapatkan perawatan.
Anda harus melakukan perawatan supaya anjing anda terbebas dari penyakit kulit yang dideritanya dan penyakit yang lainnya yang bisa saja menyerang anjing kesayangan anda.
Jika tidak ingin anjing kesayangan anda terkena penyakit ada baiknya anda lebih memperhatikan apa yang anjing anda makan dan dengan siapa anjing anda berteman. Hal itu dilakukan supaya anjing kesayangan anda dapat terbebas dari penyakit.


Komentar